MultiAspek Sentiment Analysis dan Algoritma MOORA

Selamat Siang Pembaca yang Budiman.

Pada kesempatan kali ini, saya akan share salah satu hasil publikasi saya dan rekan saya (Bapak Indra Hidayatulloh) yang telah dipublikasi di Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Vol. 7, No. 1 Tahun 2018. Paper kami berjudul “Integrasi Sentiment Analysis SentiWordNet pada Metode MOORA untuk Rekomendasi Pemilihan Smartphone

IT Telkom Purwokerto

Publikasi ini merupakan luaran dari hibah Penelitan Dosen Pemula tahun 2017.

Seiring bertambahnya varian smartphone yang ada di pasar, maka diperlukan suatu sistem yang dapat mendukung masyarakat untuk menentukan produk smartphone yang sesuai dengan kebutuhannya.

MCDM

Metode MOORA merupakan salah satu metode Multi Criteria Decision Making (MCDM) yang dapat mendukung dalam pembuatan keputusan dari banyak atribut/kriteria. Metode ini memiliki dua bentuk pendekatan, yaitu Ratio System dan Reference Point yang merupakan ekstensi dari Ratio System.

Atribut yang digunakan adalah:

  • Atribut benefit (semakin besar atau tinggi nilainya berarti semakin baik): RAM, ROM, sistem operasi, kamera belakang, baterai, CPU, kamera depan, memori eksternal, ukuran layar, dan nilai sentimen
  • Atribut cost: berat dan harga

Nilai sentiment kami ukur dari komentar-komentar customer yang kami ambil dari GSMArena.com. Sedangkan nilai SentiWordNet mengacu pada SentiWordNet dari library NLTK di Python.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *